Di Cina, Mencontek Dihukum 7 Tahun Penjara

Posted 23 Mar 2016 12:00 WIB
Di Cina, Mencontek Dihukum 7 Tahun Penjara

GituGini – Cina baru saja melakukan amandemen terhadap undang-undang baru tentang anti mencontek. Hal itu tertuang dalam UU pasal 284 KUHP.

Di situ disebutkan bahwa bagi siswa yang ketahuan mencontek saat ujian, akan dijatuhi hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

Secara lebih terinci dijelaskan, siapapun yang berbuat curang atau merencanakan penipuan akan dikenakan hukuman penjara tiga tahun. Sementara kasus yang lebih serius bakal diberikan hukuman antara 3-7 tahun.

Seperti dilansir brilionet.com, Menurut professor hukum pidana di Universitas Ilmu Politik dan Hukum Cina, Hong Daode, amandemen UU yang sudah aktif sejak November 2015 tersebut, adalah langkah pencegahan yang kuat terhadap aksi kecurangan.

“semoga dengan adanya UU baru ini, perbuatan tercela selama ujian segera dijauhi. Harapan lainnya, agar meningkatkan integritas kepribadian siswa dan membangun atmosfir sosial yang positif,” ungkapnya menjelaskan tujuan UU tersebut.

Pembuatan UU ini memang sangat beralasan. Hal tersebut lantaran beberapa tahun terakhir, kejadian mencontek di kalangan siswa di Cina, sungguh memprihatinkan.

Karena itu, kali ini pemerintah negara Tirai Bambu tersebut bena-benar mau serius menanganinya dengan menerapkan aturan baru ini secara tegas. (brvs)

Komentar Facebook