Festival Lokal Terbaik di Indonesia

Posted 29 Jan 2016 12:00 WIB
Festival Lokal Terbaik di Indonesia

Festival Teluk Ambon 

Perayaan Festival Teluk Ambon digelar dengan tujuan mempromosikan potensi pariwisata Provinsi Maluku sebagai salah satu tempat wisata yang mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara  maupun dalam negeri.

Saat kalian menyaksikan  festival ini, kalian di suguhkan dengan beberapa lomba menarik. Salah satu yang dapat disaksikan adalah lomba perahu tradisional Manggarube Arumbae yang satu perahunya ditumpangi hingga 31 orang. Ada juga perlombaan perahu semang (bercadik) yang didayung perempuan memakai pakaian tradisional Maluku.

Semana Santa, Larantuka, NTT

Selain di Ambon, perayaan yang sangat meriah juga terjadi di Kota Larantuka di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Biasanya, seminggu sebelum merayakan Paska, ada cara unik dan dikenal dengan nama Semana Santa. Semua peziarah yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya berasal dari pulau-pulau di sekitar Flores, wisatawan  mancanegara banyak  berkunjung ke Larantuka. Uniknya festival ini bukan hanya berkaitan dengan agama, tetapi juga memadukan sejarah bangsa Portugis dengan tradisi lokal.

Festival Danau Toba, Sumatera Utara

Festival Danau Toba merupakan sebuah event lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba yang mempunyai peran penting bagi kehidupan suku batak yang tinggal di pesisir Danau Toba. Berbagai kegiatan berupa atraksi seni budaya dan wisata olahraga menyemarakkan festival ini.

Festival Danau Sentani, Jayapura, Papua

Festival ini diselenggarakan setiap pertengahan bulan Juni setiap tahunnya dan Festival Danau Sentani (FDS) ini telah terdaftar ke dalam kalendar pariwisata utama Indonesia.  Festival yang banyak menarik perhatian wisatawan asing, kalian para traveler akan terpesona dengan beragam atraksi mereka diatas perahu yang menjadi tarian perang khas Papua. Keren kan?

Dieng Culture Festival, Banjarnegara, Jawa Tengah

Keunikan acara Dieng Culture Festival ini  adalah memaduhkan antara seni tradisi dan kekayaan indie, serta kontemporer. Festival ini biasanya dilakasanakan setiap pertengan Juli atau Agustus.

Perayaan Tahun Baru Cina, di Singkawang

Salah satu perayaan Tahun Baru Cina di Indonesia  paling meriah, ada di Singkawang, yang jaraknya sekitar 145 kilometer dari Pontianak.

Dalam atraksi sebuah atraksi yang dinamakan dengan atraksi Tatung, sangat unik sekali karena warga suku Dayak dan Tionghoa bersamaan melakukannya sehingga perayaan ini sangat meriah.

Bagi kalian yang penasaran dengan festival menarik ini, sayang kalau tidak mengunjungi tempatnya. (ach)

 

 

Komentar Facebook