Modal Saja Belum Cukup, Ini 7 Tips Jitu Kembangkan Usaha

Posted 28 Jan 2016 12:00 WIB
Modal Saja Belum Cukup, Ini 7 Tips Jitu Kembangkan Usaha

Menjadi seorang yang sukses dalam berbisnis di usia yang muda bukanlah perkara yang gampang, butuh kerja keras untuk menggapai kesuksesan itu. Nah, pertimbangkan beberapa tips berikut ini:

Mengikuti event bazar

Menjual barang daganganmu dalam even-event bazar merupakan langkah yang tepat karena kamu bisa memperkenalkan daganganmu di depan umum dan memanfaatkan branding dalam usaha. Dengan sekali atau dua kali kamu mengikuti bazar maka orang mengetahui usahamu dan tidak kalah penting lagi untuk meningkatkan pamor bisnismu!

Kalkulasi pemasukan dan pengeluaran dengan baik

Bagi seorang pemula dalam berbisnis, kadang mengabaikan kalkulasi pemasukan dan pengeluaran. Padahal manajemen keuangan merupakan tolak ukur dalam maju dan mundurnya suatu usaha. Jadi, kamu mesti siapkan sebuah buku dan catat semua pengeluaran baik dari yang terkecil sampai yang terbesar. Kamu harus jeli dalam memajemen keuangan guys!

Endorse-lah ke orang yang tepat

Suatu hal yang lumrah apabila kamu mengendorse jualanmu. Tapi yang perlu kamu pahami, kamu harus mengendorsenya ke orang yang tepat seperti  figur selebriti. Soal tarif mungkin agak mahal tetapi demi usahamu agar laris manis ngak salah kok di coba!

Berikan hadiah kepada pelangganmu yang terpilih

Melalui cara ini akan meningkatkan omsetmu, tapi ingat harus memilih moment yang tepat seperti hari kemerdekaan, dan hari raya penting lainya. Moment seperti itu bisa kamu gunakan untuk tema kuis berhadiahmu. Promosikan kuizmu lewat sepanduk, media sosial, mulut ke mulut sebuah cara yang efektif agar banyak peserta yang mengikuti kuizmu.

Harus bisa memisahkan uang pribadi dan modal

Memisahkan uang pribadi dan modal suatu hal yang penting agar kamu bisa tahu omset jualanmu berapa tiap hari, bulan, atau tahun. Hal ini juga perlu diperhatiakan agar kamu tidak berantakan dalam perhitungan omsetmu karena berpengaruh dalam keberlangsungan usaha dan juga gaji karyawan.

Harus selalu Kreatif dan Inovatif

Apapun jenis usahamu guys, kamu harus selalu kreatif dan berinovasi setiap hari karena tantangan pasar selalu berubah . Kedua hal ini harus kamu miliki jika kamu ingin usahamu terus berkembang. Ingat, jangan malu untuk bertanya dalam hal berinovasi guys!

Selalu Fokus dan jangan menyerah di tengah jalan

Dalam merintis sebuah usaha pasti menemukan pasang surutnya pemasukan. Jika rasa lelah, rasa ragu  mulai menghinggapimu maka kamu harus fokus dan jangan menyerah di tengah jalan. Ingat lagi tujuan awal dan nasib karyawanmu apabila kamu memilih berhenti di tengah jalan serta pertimbangan logis lainnya.

Nah,  beberapa tips - tips di atas bisa kamu jadikan refensi untuk kamu berkembang dalam usahamu. Salam semangat dan salam pemenang pengusaha muda! (ACH)

Komentar Facebook