Ruben Onsu Ikut Angkat Bicara Soal Kisruh Tik Tok

Posted 04 Jul 2018 12:00 WIB
Ruben Onsu Ikut Angkat Bicara Soal Kisruh Tik Tok

GituGini - Aplikasi Tik Tok diblokir oleh Kemenkominfo sempat menuai reaksi di publik baru-baru ini.

Salah satu tanggapan datang dari pembawa acara, Ruben Onsu. Ia mengatakan, pihak Kemenkominfo juga mesti menimbang banyak hal. Salah satunya, terkait orang-orang yang bekerja di Tik Tok.

"Saya berpikirnya begini. Banyak orang yang bekerja di dalamnya. Kita harus mikirin itu juga," kata Ruben Onsu saat ditemui di gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018).

Sementara itu, Ruben sendiri juga mengaku banyak yang salah menggunakan aplikasi tersebut.

"Tik Tok itu ibaratnya kita mempunyai tempat makan, kalau akhirnya digunain orang buat hal lain ya bukan salah kita dong. Itu salah orang yang salah gunakan," ujarnya.

Menurut suami Sarwendah itu, oknum yang menyalahgunakan aplikasi tersebut yang akhirnya membuat Kemenkominfo memutuskan untuk memblokir aplikasi tersebut.

"Gue sih nggak main Tik Tok, jadi nggak sedih, nggak galau. Cuma sangat disayangkan karena oknum-oknum yang nggak bertanggung jawab jadi ditutup," tambahnya.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan pemblokiran Domain Name System (DNS) untuk aplikasi Tik Tok hanya bersifat sementara. Aplikasi tersebut bisa saja dibuka kembali oleh pemerintah asal memenuhi dua syarat tertentu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut syarat pertama adalah pembersihan konten. Setelah itu, pemerintah juga meminta jaminan dan komitmen Tik Tok agar konten bermuatan negatif tidak kembali hadir.

Jika dua syarat itu dipenuhi, maka pemerintah tak segan untuk membuka kembali blokiran Tik Tok.

"Kami minta dua komitmen. Pertama, bersihkan dulu kontennya. Kedua, menjaga konten tersebut. Bukan otomatis akan dibuka ya, kalau semua sudah bersih baru dibuka," jelas Rudiantara di Kantor Wakil Presiden, Rabu (4/7). (brvs)

Komentar Facebook