Sering Dengar Lagu Galau Ada Manfaatnya Lho!

Posted 03 Jul 2019 12:00 WIB
Sering Dengar Lagu Galau Ada Manfaatnya Lho!

GituGini – Banyak orang yang kerap jatuh cinta dengan lagu-lagu galau alias mellow. Hal itu biasanya lantaran lirik lagu-lagu biasanya sesuai dengan kisah cinta orang-orang tersebut.

Namun apakah mendengarkan lagu galau memiliki manfaat positif?

Pakar musik, Kay Norton, dalam penelitiannya pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa lagu galau yang mendayu-dayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat sedang down karena bisa menggambarkan kesedihan kita.

Ia mengatakan, mendengarkan lagu galau bukan cuma membuat kita larut dalam kesedihan, tapi juga menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik lagu sedih tersebut, kita bisa melepaskan emosi.

“Musik memiliki bentuk yang sama dan juga aliran yang sama seperti emosi manusia. Jenis musik seperti ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat untuknya,” ujar Norton kepada Medical Daily.

Ia melanjutkan, usai kita mendengarkan lagu galau atau melankolis, kita akan merasa lega. Rasa sukacita akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik lagu tersebut dan bisa membuat kita bebas berimajinasi.

Menurutnya, menghilangkan rasa galau karena sedih dalam diri merupakan langkah penting dalam mengatasi stres atau kehilangan sesuatu.

“Justru bila kita tidak membiarkan emosi itu meluap kita akan menyimpan rasa sedih, sehingga memunculkan emosi negatif dan membuat perasaan kehilangan semakin besar,” ujarnya. (brvs)

Komentar Facebook